Kamis, 14 Desember 2017

Hamil dengan Miom

*Desclaimer : ini based on pengalaman pribadi yah, jadi bagi yang punya miom juga harus konsul ke dokter masing-masing

Gw ketauan punya miom pas hamil pertama dulu sekitar pertengahan tahun 2012, karena miom ini pula gw keguguran dikehamilan sekitar 8 minggu. Kemudian, dokter gw saat itu nggak ngelakuin apa2 ke miom gw tapi gw selalu diwanti wanti untuk jaga pola makan terutama  tidak makan ayam broiler dan fastfood. Tapi kan susah ya book hari gini jaga makan tuh, alhasil miom gw terus membesar. Sampe pada tahun 2016 gw periksa lagi dan miom gw udh sampe di 3cm plus ada kista mungil mungil 2 bijik. Astagfirulloh, tau lah pasti buat perempuan alien alien ini adalah mimpi buruk! Saat itu dokter gw ngasih 2 opsi. Opsi pertama miom gw diangkat tapi dia tidak menjamin dengan diangkatnya miom gw bisa langsung punya anak, karna dikehamilan pertama gw bisa hamil padahal ada miom. Opsi kedua gw tiup rahim untuk meyakinkan bahwa rahim gw tidak tersumbat kemudian langkah selanjutnya adalah inseminasi buatan. Saat itu gw masih yakin masalah gw blm hamil bukan karna miomnya, untuk tiup rahim pun gw takut karena kata temen gw tiup rahim itu sakit. Inseminasi buatan selain biaya yang ngga sedikit, kemungkinan berhasilnya pun sedikit.
.
Saat itu gw ngga tau mau pilih opsi yang mana, semuanya ngga bikin gw bener-bener yakin. Setahun dari situ gw mikir lagi bahwa gw harus tetep berusaha atau melakukan tindakan untuk bisa hamil sebagai bentuk ikhtiar gw, alhamdulillah Allah denger doa-doa kami semua. Allah kasih kehamilan sebelum gw melakukan salah satu opsi diatas. Allah maha baik.
.
Dari awal kehamilan perut gw selalu sakit kya yang mau datang bulan gitu, aseli itu bikin parno banget. Setiap sakit selalu searching di google dan Alhamdulillah rata2 wajar diawal kehamilan perut kram karna sedang ada pembesarab dirahim.
.
Awal kehamilan besar miom gw masih sekitar 3cm, dengan 2 kista dibawah rahim. Gw dikasih obat penguat (lupa nama obatnya apa) pokoknya setiap abis minum obat itu langsung superrrr ngantuk parah. Dikasih vitamin juga. 4 bulan pertama kehamilan tuh berat banget karena gw termasuk yang mual muntah parah banget blm ditambah perut sering kram. Kadang gw sampe nangis ngga nyangka ternyata berat banget proses ini, tapi langsung istighfar dan selalu gw tanem di otak gw bahwa gw gpp nahan semua ini asal bayi gw sehat dan selamat. Itu salah satu yang bikin gw berusaha kuat. Dokter gw ini ngejaga gw banget sampe-sampe gw ngga dikasih surat rekomendasi terbang ke Lombok untuk acara gathering kantor. Galau saat itu krna semuanya udh di booking dr jauh-jauh hari.  Tetep nekat jalan sih sambil terus-terusan baca Bismillah dan berdoa semoga Allah jaga kami semua.
.
Dikarenakan jarak rumah sama RS pertama gw jauh, dan gw kepayahan klo harus ke RS jadi gw pindah RS dan ganti dokter obygin diusia 7 bulan. Dari hasil searching dan nyoba beberapa dokter dan RS akhirnya cocok sama Dr Johanes di RS Sentra Medika Cibinong. Fyi, beliau juga pro kehamilan normal. Sebelum gw ketemu Dr jo, gw udah coba ke beberapa dokter tapi ngga tau hati gw belum sreg aja. Bayangin aja hamil gw kan memang beresiko karna ada miom, jadi lebih parno gwnya, jadi dikit2 klo gw ngerasa bayi gw ngga nendang atau sakit banget gw langsung ke dokter, dan walau Alhamdulillahnya bayi gw ngga kenapa2 tapi tetep ada resiko intinya tiap gw abia dari ruang konsul pasti gw nangis, gw sedih takut perjuabgan gw sia-sia krna keguguran atau bayi meninggal didalem amit amit. Nah, pernah tiba2 perut gw sakit banget, tapi gw pikir sakit biasa tapi ternyata itu sakitnya luar biasaaaaaaaaa, sumpah gw saat itu sampe nangis2 karna sakit banget perut gw, makin nangis krna parno bayi gw kenapa2, akhirnya gw ke RS deket rumah dan dokternya ngga berani ambil tindakan apa2 ke gw karna klo sampe kenapa kenapa di RS itu ngga ada ruang NICU, ihh parno banget sampe dokter aja takut.
.
 Pendek cerita akhirnya ketemu Dr Jo dr hasil googling2, beliau santai banget ngadepin miom gw mungkin dia pernah punya pasien kya gw dan sehat2 aja kali ya. Bayangin aja saat usia kehamilan 7bulan miom gw udah 11cm. Dan setiap kali visit dia fokus ke baby gw, dia selalu rinci berat dan panjang bayi gw, sampe klo diruangan dokter gw suka lupa nanya miom gw cuma beliau kasih informasi bahwa miom gw ngga bisa langsung diambil krna dia tunggu gw punya beberapa anak dulu, karna klo diambil sekarang malah bisa bikin gw susah hamil lagi. Oiya, dari awal Dr Jo udag info bahwa miom gw nutup jalur lahir jadi kemungkinan gw SC. Yaa krna denger SC gw jadi ngga pernah ikut senam hamil dan ngga pernah mempersiapkan mental untuk lahir normal. Menjelang 36weeks Mukjizat Allah dateng lagi, miom gw berpindah tempat dan kemungkinan bisa normal. Usia 38weeks balik kontrol lagi dan Dr Jo masih mau nunggu untuk lahir normal, tapi karna gw udah ngga sanggup nahan sakit di perut lebih tepatnya ngga sanggup nahan pikiran krna selalu parno takut bayi kenapa2 akhirnya gw tetep pilih SC dan dokter Jo menghargai keputusan gw. Akhirnya besok malemnya tgl 26 Sept 2017 Alhamdulillah my baby boy was born.
.
Amazingly Dr jo saat ini nyuruh gw hamil lagi biar miomnya bisa diangkat, gw sih belum periksa mionya lagi krna baru akan periksa detail mionya itu di Jan 2018.
.
Yang saat ini belum dikasih hamil krna ada miomya jangan patah semangat ya, terus berdoa dan klo ditanya orang2 "kapan hamil?" Ngga usah sewot, selalu jawab aja " bantu doa ya biar cepet hamil". Kita ngga pernah tau doa mana dan doa siapa yang cepet dijabah Allah, semakin banyak yang ngedoain kemungkinan makin besar doa dijabah Allah SWT.
.
Oiya satu lagi, buat perempuan harus jaga pola makan. Dari usia muda harus udah concern sama apa yang masuk ke badan kita, karna efeknya ngga sekarang biasanya efek pola hidup saat ini bisa kita rasakan 5-10 tahun kedepan. Jadi klo yg mau sehat dimasa depan harus banget jaga apa yang kita konsumsi saat ini. Termasuk harus banget olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar